ABSTRAK DINI SANDI ARDAYANI PENGARUH EDUKASI DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN DALAM MELAKUKAN PRAKTIK SADARI PADA SISWI SMA PGII 2 KOTA BANDUNG xvi + 5 Bab + 56 Halaman + 11 Tabel + 1 Bagan + 12 Gambar + 9 Lampiran Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang sering terjadi pada wanita di seluruh dunia. Deteksi dini memiliki peran penting dalam meningkatkan tingkat kesembuhan dan mengurangi angka kematian akibat kanker payudara. Metode SADARI merupakan salah satu metode sederhana yang dapat digunakan untuk mendeteksi dini adanya perubahan atau kelainan pada payudara. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh demonstrasi terhadap praktik SADARI pada siswi SMA PGII 2 Kota Bandung. Penelitian ini melibatkan 70 siswi sebagai sampel penelitian. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik penarikan sampel acak sederhana. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menggunakan lembar ceklis sebagai instrumen pengumpulan data. Data yang dikumpulkan mencakup informasi tentang praktik SADARI, dan pengaruh pemberian demonstrasi terhadap praktik SADARI Penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum adanya pemberian demonstrasi 97,1% siswi tidak memiliki kemampuan dalam melakukan praktik SADARI dan setelah diberikan demonstrasi 84,2% memiliki kemampuan dalam melakukan praktik SADARI, dari hasil uji statistik kemampuan sebelum dan setelahnya diperoleh nilai Asymp.Sig = 0.000 (
Kata Kunci : SADARI, Demonstrasi, PraktikABSTRACT DINI SANDI ARDAYANI THE INFLUENCE OF EDUCATIONAL ON ABLILITY IN DOING SADARI PRACTICES IN STUDENTS OF SMA PGII 2 BANDUNG xvi + 5 Chapters + 56 Pages + 11 Tables + 1 Chart + 12 Picture + 9 Attachments Breast cancer is a disease that often occurs in women around the world. Early detection has an important role in increasing the cure rate and reducing mortality from breast cancer. The SADARI method is a simple method that can be used to detect early changes or abnormalities in the breast. This research aims to determine the effect of demonstrations on SADARI practice in SMA PGII 2 Bandung students. This research involved 70 female students as the research sample. Samples were selected using simple random sampling technique. This research used a survey method using checklists as a data collection instrument. The data collected includes information about SADARI practices, and the influence of giving condemnation to SADARI practices. This research shows that before the demonstration was held, 97.1% of female students did not have the ability to practice SADARI and after the demonstration was given, 84.2% had the ability to perform SADARI practice. From the results of the statistical tests of abilities before and after, the Asymp.Sig value was obtained. = 0.000 (
Keywords : SADARI, Demonstration, Practices