TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA TENTANG GANGGUAN PENGLIHATAN COMPUTER VISION SYNDROME DI FAKULTAS KOMPUTER PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS AL MASOEM, JATINANGOR, KABUPATEN BANDUNG TAHUN 2023

Penulis : sandra gia astri, hotman p simanjuntak, rohayati, arief witjaksono


PDF

Abstrak

Computer Vision Syndrome (CVS) adalah keluhan gangguan penglihatan yang disebabkan oleh penggunaan komputer. Keluhan ini berhubungan dengan penggunaan Visual Display Terminal (VDT). Alat yang termasuk VDT adalah monitor komputer, telepon genggam, tablet, laptop, handheld konsol dan lain-lain. Prevalensi CVS mencapai 64-90% pada pengguna VDT dengan jumlah penderita di seluruh dunia diperkirakan sebesar 60 juta orang dan setiap tahun akan terus muncul 1 juta kasus baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan mahasiswa tentang gangguan penglihatan CVS. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif menggunakan data primer berupa kuesioner mengenai gangguan penglihatan computer vision syndrome dengan sampel sebanyak 167 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengetahuan responden terhadap CVS berdasarkan tanda dan gejala diperoleh sebanyak 69 (41,3%) memiliki pengetahuan yang tinggi. Sedangkan, pengetahuan terhadap CVS berdasarkan faktor dan penyebab diperoleh sebanyak 6 (3,6%) memiliki pengetahuan tinggi. Lalu, pengetahuan terhadap CVS berdasarkan penanganannya diperoleh sebanyak 138 (82,6%) memiliki pengetahuan yang tinggi.

Kata Kunci : Tingkat Pengetahuan, Gangguan Penglihatan, Computer Vision Syndrome, Mahasi



Abstract

Computer Vision Syndrome (CVS) is a complaint of visual impairment caused by computer use. This complaint relates to the use of Visual Display Terminal (VDT). Tools that include VDT are computer monitors, mobile phones, tablets, laptops, handheld consoles and others. The prevalence of CVS reaches 64-90% in VDT users with the number of patients worldwide estimated at 60 million people and every year there will continue to appear 1 million new cases. The purpose of this study was to determine the level of knowledge of students about CVS visual impairment. This research method is quantitative with a descriptive approach using primary data in the form of questionnaires on computer vision syndrome vision disorders with a sample of 167 people. The results showed that respondents' knowledge of CVS based on signs and symptoms obtained as many as 69 (41.3%) had high knowledge. Meanwhile, knowledge of CVS based on factors and causes obtained as many as 6 (3.6%) have high knowledge. Then, knowledge of CVS based on handling was obtained as many as 138 (82.6%) had high knowledge.

Keywords : Level of Knowledge, Vision Impairment, Computer Vision Syndrome, College St