GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN DI OPTIK SAFARI TAHUN 2022

Penulis : nuni nurmawanti, hotman p simanjuntak, ono taryono, indra karana


PDF

Abstrak

Kepuasan pelanggan adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja (hasil) yang dirasakan dengan harapannya. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui tingkat kepuasan dalam pelayanan di Optik Safari tahun 2022. Dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data, yaitu Deskriptif Kuantitatif dengan menggunakan Lembar kuesioner. Populasinya adalah konsumen optik safari sebanyak 40 orang. Data dikumpulkan peneliti meminta izin kepada pemelik optik safari. untuk melakukan penelitian di optik safari tersebut. Setelah mendapatkan izin, peneliti kemudian mulai melaksanakan proses pengumpulan data. Hasil penelitian dimana jumlah kepuasan konsumen berdasarkan indikator Tangible mendapatkan nilai kategori puas dengan rata-rata 3.73, kepuasan konsumen berdasarkan indikator reliable mendapatkan nilai kategori puas dengan rata-rata 3,69, kepuasan konsumen berdasarkan indikator responsivenes) mendapatkan nilai kategori puas dengan rata-rata 3.59, kepuasan konsumen berdasarkan indikator emphaty mendapatkan nilai kategori puas dengan rata-rata 3,54 dan kepuasan konsumen berdasarkan indikator assurance mendapatkan nilai kategori puas dengan rata-rata 3,65.

Kata Kunci : Kepuasan Konsumen



Abstract

Customer satisfaction is the level of one's feelings after comparing the perceived performance (results) with their expectations. This study aims to determine the level of satisfaction in services at Optik Safari in 2022. This study uses a data collection method, namely quantitative descriptive using a questionnaire sheet. The population is optical safari consumers as many as 40 people. The data was collected by the researchers asking permission from the owner of the safari optics. to do research on the optics of the safari. After getting permission, the researcher then began to carry out the data collection process. The results of the study where the amount of customer satisfaction based on the indicator Tangible got the value of the category satisfied with an average of 3.73, consumer satisfaction based on the indicator reliable got the value of the category satisfied withan average of 3.69, consumer satisfaction based on indicators responsiveness got a value of satisfied category with an average of 3.59, customer satisfaction based on indicators emphaty got a value of satisfied category with an average of 3.54 and consumer satisfaction based on indicators assurance get the value of satisfied category with an average of 3.65.

Keywords : Consumer Satisfaction