KEPUASAN KONSUMEN DI AMANAH OPTIKAL SUMEDANG

Penulis : saarah luthfiah, anggit nugroho, indra karana, asrini christinawati


PDF

Abstrak

Saarah Luthfiah KEPUASAN KONSUMEN DI AMANAH OPTIKAL SUMEDANG xi + 37 halaman + 22 tabel + 2 bagan + 5 gambar + 9 lampiran Kepuasan konsumen menjadi modal penting untuk kesuksesan sebuah bisnis. Konsumen yang merasa puas ditandai dengan tidak adanya keluhan. Untuk membuat konsumen merasa puas dengan memberikan penawaran dan pelayanan yang lebih baik. Strategi yang dapat dilakukan berupa kualitas produk yang baik, meningkatkan kualitas pelayanan, emosional dan harga. Hal tersebut digunakan sebagai acuan untuk memberikan pelayanan yang baik sehingga kepuasan konsumen terpenuhi. Penelitian ini dilakukan terhadap kosumen yang pernah membeli atau menggunakan kacamata di Amanah Optikal. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 105 responden dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner. Metode penelitian menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan bantuan software MS Exce dan SPSS. Berdasarkan penelitian diketahui kepuasan konsumen dengan rerata 68,83 dengan persentase 66% berada dalam kategori sangat memuaskan. Sedangkan berdasarkan setiap indikator; kualitas produk rerata 16,57 dengan persentase sebesar 71% berkategori memuaskan, kualitas pelayanan rerata 17,44 dengan persentase sebesar 45% kategori sangat memuaskan, faktor emosional rerata 17,25 dengan persentase sebesar 50% kategori sangat memuaskan, dan kesesuaian harga rerata 17,57 dengan persentase sebesar 60% kategori sangat memuaskan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan indikator yang menjadi prioritas adalah meningkatkan variasi dan jenis kacamata dan lensa kontak, kualitas pelayanan harus ditingkatkan dalam aspek kecepatan dan ketanggapan dalam memberikan pelayanan terhadap konsumen, selain itu fasilitas parkir yang memadai sehingga konsumen merasa nyaman dan tenang.

Kata Kunci : optikal, kepuasan konsumen, deskriptif kuantitatif



Abstract

Saarah Luthfiah CUSTOMER SATISFACTION AT AMANAH OPTICAL SUMEDANG xi + 37 pages + 22 tables + 2 charts + 5 figures + 9 appendices Customer satisfaction is an important for the success of a business. Satisfied consumers are characterized by the absence of complaints. To make consumers feel satisfied by providing better offers and services. Strategies that can be done are in the form of good product quality, improving service quality, emotional and price. It is used as a reference to provide good service so that customer satisfaction is met. This research was conducted on consumers who have bought or used glasses at Amanah Optical. The number of samples taken as many as 105 respondents with purposive sampling technique. Data collected through the distribution of questionnaires. The research method uses descriptive quantitative techniques with the help of MS Excel and SPSS software. Based on the research, it is known that consumer satisfaction with an average of 68.83 with a percentage of 66% is in the very satisfy category. Meanwhile, based on each indicator; the average product quality is 16.57 with a percentage of 71% in the satisfying category, the average service quality is 17.44 with a percentage of 45% in the very satisfy category, the emotional factor in the average is 17.25 with a percentage of 50% in the very satisfy category, and the average price suitability is 17, 57 with a percentage of 60% very satisfy category. Based on the results of the study, it was concluded that the priority indicators were increasing the variety and type of glasses and contact lenses, the quality of service must be improved in terms of speed and responsiveness in providing services to consumers, in addition to adequate parking facilities so that consumers feel comfortable and calm.

Keywords : optical, customer satisfaction, descriptive quantitative