Persaingan bisnis dan usaha pada era digitalisasi 4.0 dewasa ini semakin pesat. Dunia bisnis yang kompetitif menuntut pelaku usaha untuk mempunyai keunggulan dan kreatifitas agar mampu bertahan dan bersaing dengan pesaing usaha yang lain. Adapun mengenai kepuasan pelanggan bergantung dengan bagaimana perusahaan tersebut memberikan pelayanan. Perusahaan yang berpusat pada pelayanan berusaha memberikan kepuasan terhadap pelanggan Begitu pun dalam bidang optikal. Optik atau optikal merupakan sarana yang menyelenggarakan pelayanan pemeriksaan mata, pemeriksaan refraksi serta pelayanan kacamata koreksi dan atau lensa kontak. Kualitas pelayanan merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan daya saing. Untuk menilai layak dan tidaknya perbaikan yang telah dilakukan perlu diadakan evaluasi lebih lanjut. Oleh karena itu permasalahan yang dihadapi pada penelitian ini adalah bagaimana melakukan penilaian atau evaluasi terhadap pelayanan yang telah diberikan kepada pelanggan. Permasalahan yang diidentifikasi dalam penelitian ini adalah mengenai bagaimana Gambaran Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan di Optik Sofyan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pelanggan di Sofyan Optik berdasarkan 5 dimensi kualitas pelayanan yaitu Tangibles, Empathy, Reliability, Responsiveness dan Assurance. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif..Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata 3.75 untuk kelima dimensi tadi. Gambaran tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan di Optik Sofyan menunjukkan bahwa hasil responden termasuk kedalam kategori sangat memuaskan. Walaupun secara umum gambaran kepuasan pelanggan sangat memuaskan, ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan lagi terkait kualitas pelayanan, seperti penggunaan kursi bar, customer oriented, alur pemeriksaan, dan standar operasional pelayanan.
Kata Kunci : Dimensi Kualitas Pelayanan, Optikal, Kepuasan PelangganBusiness competition in the era of digitalization 4.0 today is increasingly rapid. Competitive business world requires businesses to have excellence and creativity in order to survive and compete with other business competitors. As for customer satisfaction depends on how the company provides services. Service-centered companies strive to provide customer satisfaction as well at optics. Optic or Optical is a facility that organizes eye examination services, refraction checks and Correction Services for glasses and or contact lenses. Service quality is one of the important factors in improving competitiveness. To assess whether or not the improvements that have been made need to be further evaluated. Therefore, the problem faced in this study is how to assess or evaluate the services that have been provided to customers. The problem identified in this study is about how to describe the level of customer satisfaction with the service at Optik Sofyan. This study aims to determine the level of customer satisfaction in Sofyan optics based on 5 dimensions of service quality, namely Tangibles, Empathy, Reliability, Responsiveness and Assurance. The research method used is quantitative descriptive research..The results showed an average value of 3.75 for the five dimensions. Description of the level of customer satisfaction with the service at Optik Sofyan shows that the results of respondents included into the category of very satisfactory. Although in general the picture of customer satisfaction is very satisfactory, there are some things that need to be improved again related to the quality of service, such as the use of bar stools, customer oriented, inspection flow, and operational standards of service.
Keywords : Dimensions Of Service Quality, Optical, Customer Satisfaction