Program Studi Diploma Tiga Optometri STIKes Dharma Husada Bandung 2021 ABSTRAK Jajang Ma’ruf PENGARUH PROMOSI KESEHATAN MATA DENGAN MEDIA VIDEO TERHADAP PENGETAHUAN REMAJA (PENELITIAN INI DILAKUKAN DI SMA NEGRI 1 CISOLOK) VBAB +31 Hal +1 Bagan + 6 tabel Media audio visual adalah media yang audible artinya dapat didengar dan media yang visible artinya dapat dilihat. Media audio visual gunanya untuk membuat cara berkomunikasi lebih efektif.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media promosi kesehatan mata dengan media video terhadap pengetahuan remaja.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekata Cross Sectional. Populasi yang diteliti sebanyak 30 responden dan sampel sebanyak 18 responden, dimana peniliti melakukan penelitiannya dengan pre-test dan post-test dari 30 responden hanya 18 responden yang valid mengisi kuisioner. Diketahui kategoritingkat pengetahuan pre-test dengan nilai median 6.00, dengan pengetahuan baik (12 responden) dan pengetahuan kurang baik (6 responden), kemudian kategori tingkat pengetahuan post-test dengan nilai median 8.00, dengan pengetahuan baik (16 responden) dan dengan pengetahuan kurang baik (2 responden). Adanya pengaruh media promosi video terhadap pengetahuan remaja tentang kelainan refraksi miopia. Berdasarkan pre-test dan post-test menunjukan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan kelainan refraksi miopia setelah dilakukan intervensi dengan media video sebanyak 13 Responden (72.3%) memiliki kategori pengetahuan naik, kemudian 3 Responden (16.6%) memiliki kategori pengetahuan sama dan 2 responden memiliki kategori pengetahuan turun (11.1%). Diharapkan penelitian ini dapat membangun pengetahuan Siswa SMANegri 1 Cisolok tentang kelainan refraksi miopia dan dapat bermanfaat bagi Masyarakat, Komunitas serta Institusi itu Sendiri.
Kata Kunci : Promosi Kesehatan Mata, Media VideoOptometry Diploma Majors Institute of Health Science Dharma Husada Bandung 2021 ABSTRACT Jajang Ma’ruf CAUSED OF THE EYES HEALTY PROMOTION BY VIDEO MEDIA TO THE TEENAGER KNOWLEDGE (THE RESEARCH IS DONE IN SENIOR HIGH SCHOOL 1 CISOLOK) Audio visual media is an audiable media which means it can be listened and the visible media which means it can be seen.Audio visual media is used to build the coummnication more effective.The purpose of the research was to know the influence eyes health promotion media by video for the teenager knowledge. This research,s method is using quantitative description by using Cross Sectional research.The research population are 30 respondets and the sample are 18 respondets, which the researcher done the research by doing pre-test and post-test, from 30 respondets there are only 18 respondets who has valided to fill the questioner. Know Pre-test Knowledge level category with a median value of 6.00, good (12 respondents) and less (6 respondents), then the category of post-test knowledge level with a median value of 8.00, good (16 respondents) and less (2 respondents). The impact of video promotion has on the teen’s knowledge of refraction miopia.pre-test and post-test results indicate an increase in knowledge of refraction of miopia after intervention with video media, as many as 13 respondents (72.3 %) have a going up knowledge category, then 3 respondents (16.6%) had the same Knowledge category, and 2 respondents had the knowledge category down (11.1%). This research may can help to make the Students of Senior High School 1 Cisolok knowledge more grow about the miopia disorder refraction and I hope it gives benefit for people there, community and institution it self.
Keywords : eyes healthy promotion, video media