Program Studi D3 Refraksi Optisi STIKes Dharma Husada Bandung 2019 ABSTRAK Irma Yudiawati GAMBARANAN KEPUASAN KONSUMEN DI MEDIKA OPTIKAL GARUT TAHUN 2019 xv + 55 halaman + 19 tabel + 2 gambar + 11 lampiran Bagi manajemen Optik, mengetahui keinginan dan kebutuhan konsumen adalah hal yang utama, untuk itu manajemen perlu mendapatkan input dari konsumen berupa harapan akan barang dan jasa yang di inginkan yang disebut kepuasan konsumen . Kondisi ini sangat membantu manajemen untuk meneliti lebi h dalam tentang spesifikasi kualitas pelayanan dan kepuasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kepuasan konsumen di Medika Optikal Jl. Ahmad Yani No.8, untuk mengetahui gambaran kepuasan konsumen di Medika Optikal Jl. Cimanuk No.107, untuk mengetahui gambaran kepuasan konsumen secara kumulatif di Medika Optikal Garut Tahun 2019. Metode penelitian yang di gunakan adalah metode deskriptif analitik. Hasil penelitian di dapatkan gambaran tingkat kepuasan konsumen di cabang Ahmad Yani di semua kategori yaitu 85,2%. Sedangkan di cabang Cimanuk nilai persentase dari total top score tingkat kepuasan konsumenya 76.9%, terdapat selisih 7.4%. Kepuasan konsumen secara ku mulatif kedua optik di Medika Optik al Jl. Ahmad Yani dan Medika Optik al Jl. Cimanuk dari semua kategori sebesar 81.5%. Sedangkan kepuasan konsumen berdasarkan dimensi tangible (kasat mata) 75,3%, Reliability (Keandalan) 82,4%, Res ponsivenes s (Cepat Tanggap) 82,1%, Assurance (Jaminan) 83,3%, Empaty (Empati) 84,3%. Kata Kunci : tingkat kepuasan konsumen
Kata Kunci :Refractionist Optician Deploma Program Studies STIKes Dharma Husada Bandung 2019 ABSTRACT Irma Yudiawati DESCRIPTION OF CUSTOMER SATISFACTION IN GARUT OPTICAL MEDIKA IN 2019 x v + 55 pages + 19 tables + 2 figures + 11 appencixes For Optical management, knowing the desires and needs of consumers is the main thing, for that management needs to get input from consumers in the form of expectations of the desired goods and services called customer satisfaction. This condition is very helpful for management to examine more about the specifications of service quality and satisfaction. The purpose of this study was to find out an overview of consumer satisfaction at Medika Optics Jl. Ahmad Yani No.8, to find out th e description of consumer satisfaction at Medika Optics Jl. Cimanuk No.107, to find out a description of cumulativ e consumer satisfaction at Medika Optics in 2019. The research method used is a descriptive analytical method. The results showed an overview of the level of customer satisfaction in the Ahmad Yani branch in all categories, namely 85.2%. While in the Cimanuk branch the percentage value of the total top score is 76.9%, there is a difference of 7.4%. The second cumul ative optical custome r satisfaction at Medika Optics Jl. Ahmad Yani and Medika Optics Jl. Cimanuk from all categories is 81.5%. Whereas consumer satisfaction is based on the dimensions of tangible 75.3%, reliability 82.4%, responsiveness 82.1%, assurance 8 3.3%, empathy 84.3 %. Keywords : level of customer satisfactio n
Keywords :