Program Studi Sarjana Keperawatan Stikes Dharma Husada Bandung 2021 ABSTRAK Hani Syfa Ulfa Azizah PENGARUH TERAPI BERMAIN TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PASIEN ANAK YANG MENGALAMI HOSPITALISASI DI RUANG KUTILANG RSAU Dr. M. SALAMUN V+ 75+13 Tabel+3 Bagan+15 Lampiran Hospitalisasi pada anak merupakan suatu proses karena suatu alasan yang direncanakan atau darurat mengharuskan anak untuk tinggal dirumah sakit, menjalani terapi dan perawatan sampai anak dapat dipulangkan kembali kerumah. Berbagai perasaan sering muncul pada anak yaitu rasa cemas, marah, sedih, takut, dan merasa bersalah. Kecemasan merupakan perasaan yang paling umum dialami oleh pasien anak yang mengalami hospitalisasi. Cara menurunkan kecemasan pada pasien anak bisa menggunakan terapi bermain mewarnai atau menggambar. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh terapi bermain mewarnai terhadap tingkat kecemasan pasien anak usia prasekolah yang mengalami hospitalisasi di ruang kutilang RSAU dr. M. Salamun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitaif dengan desain penelitian ini yaitu Pre-eksperimental dengan pendekatan One Grup Pra-Post Test Design dengan jumlah sampel sebanya. Hasil uji hipotesis menggunakan uji wilxocon didapatkan hasil nilai Asymp. Sig (2-tailed) bernilai 0.002 < 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho di tolak Artinya ada pengaruh terapi bermain mewarnai gambar terhadap Tingkat Kecemasan Pasien anak prasekolah yang mengalami hospitalisasi diruang Kutilang RSAU dr. M. Salamun. Dengan demikian diharapkan tenaga kesehatan khususnya perawat memberikan terapi bermain mewarnai untuk membantu menurunkan kecemasan anak usia prasekolah yang mengalami hospitalisasi. kata kunci : Hospitalisasi, tingkat kecemasan, anak usia prasekolah, terapi bermian mewarnai referensi : 34 literatur (2010-2019)
Kata Kunci : kata kunci : Hospitalisasi, tingkat kecemasan, anak usia prasekolah, terapSTUDY PROGRAM OF BACHELOR SCIENCE NURSE DHARMA HUSADA INSTITUTE OF HEALTH SCIENCES 2021 ABSTRACT Hani Syfa Ulfa Azizah THE EFFECT OF PLAY THERAPY ON ANXIETY LEVEL OF CHILD PATIENTS THAT HAVE BEEN HOSPITALIZED IN THE KUTILANG ROOM Dr. M. SALAMUN V+ 75+13 Tables+3 Charts+15 Appendices Hospitalization in children is a process for a reason that is planned or emergency requires the child to stay in the hospital, undergo therapy and treatment until the child can be sent back home. Various feelings often arise in children, namely anxiety, anger, sadness, fear, and guilt. Anxiety is the most common feeling experienced by pediatric patients who are hospitalized. How to reduce anxiety in pediatric patients can use play therapy, coloring or drawing. The purpose of the study was to determine the effect of playing coloring therapy on the anxiety level of preschool-aged children who were hospitalized in the Kutilang room, RSAU dr. M. Salamun. The method used in this study is a quantitative method with a pre-experimental research design with a One Group Pre-Post Test Design approach with a total sample of 25 respondents. This study provides a play therapy intervention coloring pictures. The results of hypothesis testing using the Wilcoxon test obtained the Asymp value. Sig (2-tailed) is worth 0.002 < 0.05, it can be concluded that Ha is accepted and Ho is rejected. This means that there is an effect of playing coloring picture therapy on the Anxiety Level of Preschool children who are hospitalized in the Kutilang room, RSAU dr. M. Salamun. Thus, it is expected that health workers, especially nurses, provide coloring play therapy to help reduce the anxiety of preschool-aged children who are hospitalized. Key words : Hospitalization, anxiety level, preschool age children, therapy with coloring games Reference : 34 Literature (2010-2019
Keywords : Key words : Hospitalization, anxiety level, preschool age children, therapy