HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN TINGKAT KEMANDIRIAN ANAK DISABILITAS INTELEKTUAL RINGAN DI SLB – C SUMBERSARI ANTAPANI KOTA BANDUNG

Penulis : rifki eka diastanto, ns ali mustofa, lita nurlita, ricka yuliassyahadah, ikeu nur hidayah


PDF

Abstrak

Program Studi Sarjana Keperawatan STIKes Dharma Husada Bandung 2020 ABSTRAK Rifki Eka Diastanto HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN TINGKAT KEMANDIRIAN ANAK DISABILITAS INTELEKTUAL RINGAN DI SLB – C SUMBERSARI ANTAPANI KOTA BANDUNG V bab + 90 halaman + 6 tabel + 2 gambar + 11 lampiran Disabilitas intelektual merupakan keadaan seseorang dengan inteligensi kurang sejak masa perkembangan sehingga daya guna sosial dan pekerjaannya menjadi terganggu. Pola asuh orang tua sangat penting agar anak yang mengalami disabilitas intelektual menjadi lebih mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan tingkat kemandirian anak disabiliats intelektual ringan di SLB – C Sumbersari. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini bersifat korelasional non eksperimen. Sebanyak 30 orang tua anak dengan disabilitas intelektual diperoleh dengan cara purposive sampling dengan kriteria inklusi orang tua yang mengasuh anak dengan disabilitas intelektual riangan di SLB - C Sumbersari Antapani Kota Bandung dan kriteria eksklusi tidak bersedia menjadi responden dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa mayoritas orang tua yang menerapkan pola asuh permisif sebanyak 16 responden (53,3%) memiliki anak dengan tingkat kemandirian dalam kategori tidak mandiri sebanyak 20 responden ( 66,7%). Hasil uji statistik mengunakan Chi Square didapatkan nilai p value sebesar 0.001, yang artinya p value < 0.05 sehingga ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan tingkat kemandirian pada anak disabilitas intelektual. Diharapkan peran perawat terutama keperawatan anak mampu memberikan pendidikan kesehatan atau penyuluhan terkait pola asuh orang tua yang tepat yang mampu memberikan dampak positif bagi kemandirian anak terutama anak disabilitas intelektual. Kata Kunci: disabilitas intelektual, pola asuh orang tua, tingkat kemandirian Kepustakaan: 50 literature (2010-2019)

Kata Kunci : Kata Kunci: disabilitas intelektual, pola asuh orang tua, tingkat kemandiri



Abstract

Graduate Program In Nursing Study STIKes Dharma Husada Bandung 2020 ABSTRACT RIFKI EKA DIASTANTO RELATIONSHIP PARENTING WITH LEVEL OF INDEPENDENCE CHILDREN WITH MILD INTELELECTUAL DISABILITIES IN C SUMBERSARI EXTRAORDINARY SCHOOL ANTAPANI BANDUNG V chapters + 90 pages + 6 tables + 2 images + 11 attachments Intellectual disability were someone condition with lack intelligence since development phase until social usability and work become hampered. Parenting very important therefor children with intellectual disability become more independence. This research purpose aim to determine relationship parenting with level of independence children with intellectual disability in C Sumbersari Extraordinary School. Research method were quantitative, with cross sectional approach. This research were non-experimental correlational. As much 30 parents of children with mild intellectual disabilities were obtained by purposive sampling with the inclusion criteria of parents who care for children with intellectual disabilities in C Sumbersari extraordinary school antapani bandung and exclusion criteria are not willing to be respondents in the study. Research result showed that majority of parent who apply permissive parenting as much 16 respondents (53,3%) have children with level of independence on category not independence as much 20 respondents (66,7%). Result of statistical test using Chi Square obtained p value as much 0.001, meaning p value < 0.05 therefor there were relationship between parenting with level of independence children with intellectual disability. Expected role of nurses especially children nursing able to provide health education or counseling related proper parenting that able to provide positive impact for children independence especially children with intellectual disability. Keywords: intellectual disability, parenting, level of independence Reference: 50 literatures (2010-2019)

Keywords : Keywords: intellectual disability, parenting, level of independence