Literatur Review Pengaruh Terapi Bermain Puzzle Terhadap Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Usia Pra Sekolah

Penulis : anissa apriani nurhasanah, mona yulianti, ricka yuliassyahadah, lita nurlita, ali mustofa


PDF

Abstrak

Program Studi Sarjana Keperawatan STIKes Dharma Husada Bandung 2021 ABSTRAK Anissa Apriani Nurhasanah LITERATUR REVIEW PENGARUH TERAPI BERMAIN PUZZLE TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH V bab + 54 halaman + 5 tabel + 3 bagan + 4 lampiran Bermain Puzzle merupakan sebuah permainan yang dapat menarik perhatian anak, dimana melalui permainan puzzle anak akan belajar sesuatu yang rumit serta bagaimana puzzle ini akan tersusun dengan baik dan benar. Puzzle juga dapat meningkatkan konsentrasi anak dan daya pikir anak. Anak usia pra sekolah adalah anak usia 3-6 tahun dimana sebagian besar sistem tubuh telah matur dan stabil serta dapat menyesuaikan diri dengan stres dan perubahan yang moderat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terapi bermain puzzle terhadap perkembangan motorik halus pada anak usia pra sekolah. Penelitian ini menggunakan metode literature review. Hasil penelitian ini dituangkan dalam bentuk tabel matrik. Hasil literature review yaitu sebelum diberikan intervensi terapi bermain puzzle sebagian besar hasil perkembangan motorik halus anak pada tingkat perkembangan motorik yang cukup rendah, setelah diberikan intervensi terapi bermain puzzle sebagian besar hasil perkembangan motorik halus anak terjadi peningkatan perkembangan motorik, maka sangat terlihat perbedaan hasil perkembangan motorik halus sebelum dan setelah diberikan intervensi terapi bermain puzzle. Sehingga terbukti bahwa terapi bermain puzzle memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap perkembangan motorik halus pada anak usia pra sekolah. Terapi bermain puzzle ini diharapkan dapat dilakukan secara teratur minimal 30-40menit/hari selama 30 hari . Karena jika dilakukan stimulasi secara berulang dan terus menerus maka memberikan kesempatan pada anak untuk tumbuh dan berkembang secara optimal. Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat digunakan sebagai bahan masukan dan perbandingan untuk penelitian selanjutnya dan dilakukan penelitian lebih lanjut berdasarkan faktor lainnya, variabel berbeda dan juga lokasi yang berbeda. Kata kunci : Bermain Puzzle, Perkembangan Motorik Halus Kepustakaan : 43 literatur (2011-2021)

Kata Kunci : Bermain puzzle, Perkembangan Motorik Halus



Abstract

Nursing Undergraduate Study Program STIKes Dharma Husada Bandung 2021 ABSTRACT Anissa Apriani Nurhasanah LITERATURE REVIEW THE EFFECT OF PUZZLE PLAY THERAPY ON FINE MOTOR DEVELOPMENT IN PRE-SCHOOL AGE CHILDREN V chapter + 54 pages + 5 tables + 3 charts + 4 appendices Playing Puzzle is a game that can attract children's attention, where through puzzle games children will learn something complicated and how this puzzle will be arranged properly and correctly. Puzzles can also improve children's concentration and children's thinking power. Pre schoolers are children aged 3-6 years where most body systems are mature and stable and can adapt to stress and moderate changes. The purpose of this study was to determine the effect of puzzle play therapy on fine motor development in pre school-aged children. This study uses a literature review method. The results of this study are presented in the form of a matrix table. The results of the literature review are that before being given a puzzle playing therapy intervention most of the results of children's fine motor development are at a fairly low level of motor development, after being given a puzzle playing therapy intervention most of the results of children's fine motor development there is an increase in motor development, it is very visible differences in motor development results smooth before and after being given a puzzle play therapy intervention. So it is proven that puzzle play therapy has a very significant effect on fine motor development in pre-school age children. This puzzle play therapy is expected to be done regularly for at least 30-40 minutes/day for 30 days. Because if the stimulation is done repeatedly and continuously, it will provide opportunities for children to grow and develop optimally. Suggestions for further researchers are expected to be used as input and comparison for further research and further research is carried out based on other factors, different variables and also different locations. Keywords: Puzzle Play, Fine Motor Development Literature : 42 literatures (2011-2021)

Keywords : Puzzle Play, Fine Motor Development